fbpx

Blesscon Sumbang Bata Ringan untuk Perbaikan Fasilitas Umum di Malang

PT Superior Prima Sukses (Blesscon) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menyumbang bata ringan untuk pemulihan fasilitas umum yang ada di Kabupaten Malang. Adapun fasilitas umum yang akan dibangun mulai dari rumah ibadah, sekolah, hingga gedung layanan publik.

Direktur Komersial Blesscon Henrianto berharap bantuan bahan bangunan tersebut dapat digunakan untuk percepatan proses pemulihan pascagempa.

“Jika fasilitas umum sudah berfungsi normal, aktivitas warga dan geliat ekonomi akan mengikuti (kembali normal),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/5/2021).

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Malang menjadi wilayah paling terdampak usai gempa bumi berskala 6,7 SR yang sempat melanda Jawa Timur pada April lalu. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 179 fasilitas umum rusak diguncang gempa. Minimnya penerapan struktur tahan gempa juga membuat banyak bangunan ambruk dan rusak parah.

Terkait bantuan, Henrianto mengungkapkan pihaknya sepenuhnya menyerahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Hal ini mengingat BPBD Kabupaten Malang memiliki data wilayah dan bangunan yang menjadi prioritas untuk dipulihkan.

Selanjutnya bantuan akan langsung dikirimkan oleh armada Blesscon ke wilayah yang ditunjuk. Sesuai arahan, bantuan telah dikirim ke Ampel Gading dan Tirtoyudho, Kabupaten Malang.

“Kami yakin BPBD Kabupaten Malang punya data akurat soal wilayah terdampak,” jelas Henrianto.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setiono dan Koordinator Logistik Isa Anshori menyambut baik bantuan yang diberikan Blesscon. Ia mengaku alat berat dan bahan bangunan menjadi dua hal yang dibutuhkan pada masa transisi bencana dan pascabencana.

Dalam acara serah terima bantuan tersebut, Bagyo mengatakan prosedur rekonstruksi dan rehabilitasi sebuah bangunan cukup memakan waktu panjang dan laporan yang detail. Bantuan swasta, menurut Bagyo sangat membantu tim untuk lebih cekatan.

“Apalagi Blesscon nanti mau mengantar langsung ke lokasi bangunan yang akan diperbaiki. Ini akan sangat membantu,” kata Bagyo.

Di samping itu, Bagyo menyampaikan penanggulangan bencana berkejaran dengan waktu, terutama di masa pandemi. Bangunan yang rusak, kata Bagyo, harus segera kembali diperbaiki sehingga dapat kembali berfungsi dan menghindari berkumpulnya korban di satu titik.

“Kalau dulu bangun barak, sekarang sebisa mungkin kami titipkan ke tetangga dan saudara yang rumahnya cukup besar dan bisa menampung,” pungkas Bagyo.

Scroll to Top
Butuh bantuan? Kontak kami